Pelatihan Mahasiswa Universitas Indonesia

 Berita

(29/01/15) Selama dua hari 28 dan 29 Januari 2015 sebelas Mahasiswa Arkeologi Universitas Indonesia melaksanakan pelatihan di Balai Konservasi Borobudur.

Para mahasiswa mendapatkan pelatihan mengenai konservasi cagar budaya baik material maupun kawasan.

 

Pelatihan dibuka oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Konservasi Borobudur, Wiwit Kasiyati. Dia mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa yang mengikuti pelatihan dan berharap selama mengikuti pelatihan bisa memperoleh ilmu yang sebanyak-banyaknya terutana mengenai konservasi cagar budaya, sehingga dapat memperluas wawasan mereka mengenai pelestarian cagar budaya.

Pelatihan dilakukan di kelas dengan pemaparan materi mengenai Konservasi Kawasan, Konservasi Candi Borobudur, Konservasi Material, Manajemen Warisan Dunia, Kawasan Strategis Nasional Borobudur, dan Pendokumentasian Cagar Budaya. Pelatihan juga dilakukan di lapangan untuk melihat secara langsung kegiatan konservasi cagar budaya di Laboratorium Konservasi (Biologi, Kimia, Fisik, dan SEM) dan Candi Borobudur.

Para mahasiswa juga diajak ke Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur untuk melihat teknologi yang digunakan pada saat pemugaran Candi Borobudur yang Kedua tahun 1973-1983.

 

 

Related Posts