Pelatihan Tenaga Teknis Pemugaran Dasar 2012

 Berita

Balai Konservasi Peninggalan Borobudur kembali melaksanakan Pelatihan Tenaga Teknis Tingkat Dasar Tahun 2012 setelah sebelumnya menyelenggarakan beberapa pelatihan tenaga teknis di bidang pelestarian cagar budaya.

Pelatihan ini ditujukan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan di bidang pemugaran kepada para petugas pelestari cagar budaya di Indonesia.

“kegiatan pelatihan tenaga teknis pemugaran ini adalah yang ke empat yang telah dilaksanakan oleh BKP Borobudur di tahun 2012, sebelumnya kita telah menyelenggarakan Pelatihan Satuan Pengamanan Warisan Dunia, Pelatihan Tenaga Teknis Tingkat Konservasi Dasar, dan Pelatihan Pendokumentasian Cagar Budaya” ungkap Kepala BKP Borobudur Drs. Marsis Sutopo, M.Si .

Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan upaya pelestarian cagar budaya, termasuk kesiapan tenaga pelestari yang professional di bidang masing-masing dan salah satunya tenaga teknis pemugaran.

Nantinya dalam pelatihan pemugaran kali ini akan ada materi khusus dari beberapa ahli dari UNESCO yang telah lama bekerja dalam bidang pelestarian cagar budaya di dunia. Yaitu Prof. Dr. Hans Leisen, Dr. Esther Von Phelwe Leisen, Dr. Eberhard Wendler dari Jerman dan Mr. Ichita Shimoda dari Jepang. Mereka akan mengadakan penelitian di Candi Borobudur selama 8 hari, 10-17 Juni 2012 sehingga para peserta pelatihan bisa saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan para ahli dengan UNESCO.

Pelatihan Tenaga Teknis Pemugaran Dasar 2012 dilaksanakan selama 10 hari, 6-15 Juni 2012 di BKP Borobudur. Diharapkan dengan pelatihan ini akan muncul tenaga-tenaga pelestari cagar budaya yang kompeten dan professional.

Related Posts