Pelatihan Tenaga Teknis Pemugaran Tingkat Menengah 2013

 Berita

Balai Konservasi Borobudur kembali melaksanakan Pelatihan Tenaga Teknis Pemugaran Tingkat Menengah tahun 2013. Pelatihan ini diikuti oleh 24 peserta yang berasal dari Unit Pelayanan Teknis bidang kebudayaan dilingkungan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan serta beberapa dinas daerah yang membidangi kebudayaan di Indonesia.

Pelatihan ini merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya bagi para staf yang bertanggung jawab dalam pelestarian cagar budaya di Indonesia. Kepala Balai Konservasi Borobudur Drs. Marsis Sutopo M.Si dalam pembukaan pelatihan mengatakan bahwa pelatihan pemugaran akan dilaksanakan beriringan dengan pelatihan konservasi cagar budaya, karena kedua hal tersebut saling terkait. Pada akhirnya kedua pelatihan tersebut akan dilebur menjadi satu menjadi pelatihan tenaga teknis konservasi dan pemugaran tingkat tinggi.

Pelatihan Tenaga Teknis Pemugaran Tingkat Menengah 2013 bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih luas mengenai pemugaran cagar budaya kepada para peserta, selain itu pelatihan ini untuk menumbuhkan bibit SDM tenaga pemugar baru menggantikan generasi tua yang telah pensiun.

Pelatihan ini berlangsung selama 20 hari mulai tanggal 13 Juni – 2 Juli 2013. Selain materi di kelas, para peserta juga akan mendapatkan materi dilapangan seperti di Candi Borobudur, Pura Mangkunegaran, Masjid Agung Solo, Kota lama Semarang, Ratu Boko dan Taman Sari Yogyakarta. Diharapkan dengan pelatihan ini akan muncul tenaga-tenaga pelestari cagar budaya yang kompeten dan professional khususnya dibidang pemugaran cagar budaya.

Related Posts