Pembangunan Karakter Melalui Saka Widya Budaya Bakti (3)

 Info Budaya, Jurnal dan Artikel

Krida-krida inilah yang dapat menjadi wadah bagi anggota Pramuka untuk menunjukkan keinginan, minat dan bakatnya serta mengembangkannya. Pada tanggal 10 November 2017 telah terbentuk susunan Majelis Pembimbing dan Pimpinan Saka Widya Budaya Bakti daerah Jawa Tengah yang dilantik di PP PAUD dan DIKMAS Propinsi Kawa Tengah. Diharapkan dengan adanya pembentukan Mabi maupun Pinsaka tingkat propinsi, segera diikuti dengan pembentukan Mabi dan Pinsaka Kabupaten/Kota di Jawa Tengah serta pembentukan pangkalan-pangkalan Saka Widya Budaya Bakti sebagai tempat untuk berlatih menyalurkan minat dan bakat para anggota Pramuka yang melibatkan peran dan kerjasama antar instansi di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Pembentukan Mabi maupun Pinsaka Widya Budaya Bakti tingkat Propinsi Jawa Tengah ini merupakan perwujudan dari kesepakatan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  dengan Kwartir Nasional yang tertera dalam Surat Nomor 011/PK-MoU/2013 tentang Pendidikan Kepramukaan  pada Gugus Depan Berbasis di Satuan Pendidikan dan Satuan Karya Pramuka Lingkup Pendidikan dan Kebudayan. Ruang lingkup pendidikan dan kebudayaan inilah yang memiliki wadah dalam Saka Widya Budaya Bakti.

Eksistensi Saka Widya Budaya Bakti inilah yang diharapkan ke depannya dapat mewujudkan pembangunan karakter anggota Pramuka sebagai insan yang berbudi luhur dan dapat menerapkan nilai-nilai pendidikan maupun kebudayaan yang diperolehnya selama berada dalam krida Saka Widya Budaya Bakti.

Daftar Pustaka

Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka

Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 053 Tahun 2014 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Widya Budaya Bakti

Pramukaswbb.blogspot.co.id

Pramuka.or.od

Related Posts