Pembelajaran Luar Kelas Di Balai Konservasi Borobudur

 Berita

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan siswa tentang Candi Borobudur sekaligus praktek berbahasa inggris, Kamis (16/04/15) ratusan siswa SMP 1 Godean,

Yogyakarta melaksanakan kunjungan belajar ke Balai Konservasi Borobudur dan Candi Borobudur.

Ratusan Siswa SMP 1 Godean dipecah menjadi 4 kelompok sesuai dengan kelasnya agar penjelasan yang diberikan lebih efektif. Para siswa diajak ke Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur, Laboratorium Konservasi (Kimia, Biologi, Fisika), alat peraga konservasi berupa candi batu dan candi bata,  serta beberapa percobaan yang dilakukan BK Borobudur.

Khusus di Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur para siswa diberi penjelasan mengenai sejarah pembangunan, arsitektur, hingga pelestarian Candi Borobudur yang dilakukan dari dulu hingga saat ini.


Para siswa sangat antusias melihat berbagai peralatan yang dahulu digunakan pada proses pemugaran yang kedua. Di bagian laboratorium mereka diperlihatkan peralatan laboratorium yang berukuran besar seperti oven, pencampur bahan kimia, dan peralatan lainnya. Dengan sangat antusias mereka memperhatikan penjelasan pemandu mengenai peralatan-peralatan tersebut.

Setelah mendapatkan pengetahuan umum mengenai Candi Borobudur, para siswa diajak ke Candi Borobudur untuk melakukan praktek bahasa Inggris. Mereka diberi penjelasan singkat oleh para pemandu sebelum melakukan wawancara dengan para turis asing.

Para siswa diberi waktu sekitar 1 jam untuk melakukan wawancara dengan para turis asing, mereka diingatkan agar meminta ijin terlebih dahulu kepada turis yang ingin di wawancarai dan berterima kasih setelahnya.


 

Related Posts