Pemberdayaan Masyarakat dalam Pelestarian Kompleks Candi Borobudur

 Berita

Untuk meningkatkan peran serta masyarakat disekitar Kompleks Candi Borobudur dalam pelestarian cagar budaya,

Balai Konservasi Borobudur melaksanakan beberapa program pelestarian di Candi Borobudur, Candi Mendut dan Candi Pawon dengan memberdayakan masyarakat disekitar Borobudur.

Dalam program ini Balai Konservasi Borobudur melibatkan sekitar 47 orang untuk membantu upaya-upaya pelestarian seperti pembersihan pertumbuhan mikroorganisme pada Candi Borobudur, pembenahan pagar perdu Candi Mendut, dan Perawatan Lingkungan Zona I Candi Borobudur.

Pemberdayaan ini rencananya berlangsung selama 5 bulan yang terbagi dalam 2 rentang waktu yaitu bulan april hingga mei dan bulan oktober hingga desember.

Masyarakat yang bergabung dalam program ini diberi arahan langsung oleh Kepala Seksi Layanan Konservasi Iskandar M Siregar yang mengatakan bahwa tanggung jawab pelestarian Candi Borobudur bukan hanya oleh Balai Konservasi Borobudur saja, akan tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama termasuk masyarakat.

Iskandar berpesan agar bekerja dengan sungguh-sungguh agar program pemberdayaan masyarakat ini dapat memperoleh hasil yang maksimal dan berdampak positif bagi pelestarian Kompleks Candi Borobudur.

 

Related Posts