Pembinaan PNS BKP Borobudur

 Berita

Senin (27/02/12) Balai Konservasi Peninggalan Borobudur melaksanakan pembinaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungannya.

 

Pembinaan ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas para pegawai pasca perpindahan bidang kebudayaan dari kementerian kebudayaan dan pariwisata ke kementerian pendidikan nasional.

 

Pembinaaan ini terbagi dalam 2 sesi, di sesi pertama PNS di BKP Borobudur mendapatkan pembinaan dari Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional 1 Yogyakarta, sebagai pemateri Kepala Kan Reg 1 BKN Yogyakarta Dr. Edy Wahyono dan Kepala Bimbingan Teknis Kan Reg 1 BKN Yogyakarta Drs. Slamet wiyono. Disesi kedua mendapatkan materi pelayanan prima dari Citra Emas Sanjaya (CES) Yogyakarta.

Dalam sesi pertama dijelaskan mengenai etika dan perilaku PNS dalam bekerja, berorganisasi, bernegara hingga etika sesama PNS. Dr. Edy Wahyono menjelaskan bahwa posisi PNS selalu mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat, hal ini muncul akibat masyarakat selaku pembayar pajak menginginkan timbal balik dari pajak mereka yang selama ini menjadi biaya operasional pemerintah, sehingga PNS sebagai abdi masyarakat dituntut untuk memberikan yang terbaik.

Sementara itu Drs. Slamet wiyono menjelaskan mengenai kewajiban, hak, larangan dan jenis hukuman disiplin yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No 53 tahun 2010. Dia menekankan bahwa peraturan pemerintah yang baru ini lebih jelas dan tegas, sehingga para PNS harus benar-benar mencermati isi peraturan yang baru dan bekerja lebih profesional.

Disesi kedua diisi materi pelayanan prima (excellent service) dari Citra Emas Sanjaya. Para pegawai diajak untuk lebih mengenal siapa konsumen (customer) yang akan dilayani selain itu bagaimana cara melayaninya agar kepuasan para customer dapat tercapai. Masalah lain yang menjadi perhatian adalah bagaimana menciptakan komunikasi efektif yang sering kali di sepelekan padahal memiliki pengaruh yang cukup besar.

Pembinaan Pegawai Negeri Sipil dan Pelatihan Pelayanan Prima di BKP Borobudur berlangsung selama 3 hari 27-29 Februari 2012

Related Posts