Penelitian Bersama Struktur Candi Borobudur

 Berita

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan UNESCO kembali melanjutkan kerjasama di bidang konservasi cagar budaya di Candi Borobudur.

 

Kegiatan konservasi kali ini menghadirkan ahli struktur bangunan dari Jepang  Mr. Ichita Shimoda. Kegiatan berlangsung selama 6 hari 13-18 Desember 2012.

Bersama dengan staf dari Balai Konservasi Borobudur, Mr. Ichita Shimoda melakukan penelitian mengenai struktur Candi Borobudur. Mereka mengumpulkan data-data lapangan untuk menganalisis dan membuat gambaran mengenai kekuatan bukit dan candi Borobudur saat ini. Selain itu mereka juga mengumpulkan data-data lama untuk perbandingan dari masa ke masa.

Menurut Kepala Seksi Pelayanan Konservasi BK Borobudur Iskandar M Siregar S.Si kerja sama ini menjadi sarana bertukar ilmu dan meningkatkan kemampuan para staf terutama kegiatan monitoring stabilitas struktur bukit dan candi.

Kerjasama di bidang konservasi cagar budaya antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan UNESCO di Candi Borobudur telah berlangsung 4 kali selama 2012. Sebelumnya UNESCO juga melaksanakan penelitian bersama mengenai konservasi batu dan Workshop Conservation Stone bersama para ahli dari Jerman Prof. Dr. Hans Leisen,  Dr. Esther Von Phelwe-Leisen, dan Dr. Eberhard Wendler.

 

Related Posts