Pengecoran Bantalan Karet Untuk Pelapisan Tangga Candi Borobudur

 Berita

Senin (15/02/16) setelah dilakukan berbagi kajian dan persiapan, Balai Konservasi Borobudur melakukan pengecoran bantalan karet untuk pelapisan tangga Candi Borobudur.

Pengecoran bantalan karet dilakukan di tangga sisi barat Candi Borobudur.

Sebelum dilakukan pengecoran batu candi diberi lapisan khusus dan diberi rangka agar lebih kuat selain itu warna karet disesuaikan dengan warna batu. Meskipun lapisan karet dicor di batu candi, lapisan bantalan karet bisa dilepas ketika akan dilakukan pembersihan batu.

Dalam menentukan bahan untuk pelapis tangga candi terdapat beberapa hal yang menjadi pertimbangan yaitu harus memenuhi unsur keindahan atau estetika, memenuhi unsur arkeologi, tidak merusak atau berbahaya untuk batuan candi, memiliki konstruksi yang kuat, serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari beberapa penelitian yang telah dilakukan tim Balai Konservasi Borobudur terhadap kondisi keausan batu tangga candi yang menyimpulkan bahwa keausan batu tangga candi telah berada pada titik yang mengkhawatirkan. Beberapa alternatif penanganan dilakukan seperti pengecoran bantalan karet untuk pelapisan tangga Candi Borobudur yang merupakan hasil kajian Balai Konservasi Borobudur yang bekerja sama dengan Balai Kulit, Karet, dan Plastik Yogyakarta.

Related Posts