Pengelolaan SEM dan Preservasi Arsip

 Berita

Rabu (12/09/12) Balai Konservasi Borobudur melaksanakan diskusi pengkayaan keilmuan staf teknis mengenai pengelolaan Scanning Microscope Electron (SEM) dan Preservasi Arsip.

Hadir Direktur Preservasi  Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan beberapa stafnya yang menjelaskan mengenai sistem pengelolaan arsip di ANRI, Kedatangan mereka sekaligus untuk mempelajari pemanfaatan SEM untuk pengelolaan arsip-arsip kertas kuno.

Diskusi diawali dengan pemaparan pengelolaan SEM oleh Kepala Seksi Layanan Konservasi Iskandar M. Siregar. Dia menjelaskan mengenai spesifikasi alat, prosedur kerja hingga sampel yang dapat di lihat dalam SEM. Diskusi dilanjutkan dengan pemaparan permasalahan kearsipan di Balai Konservasi Borobudur oleh Koordinator Dokumentasi Publikasi Yudi Suhartono, M.A.

Pemugaran Candi Borobudur yang kedua menghasilkan ribuan arsip yang terdiri dari berbagai jenis, akibat tidak tertatanya arsip-arsip tersebut sebagaian arsip mengalami kerusakan sehingga diperlukan penanganan khusus. “Saat ini sudah mulai dilakukan penataan arsip namun karena masih minimnya pengetahuan mengenai penanganan arsip, banyak kendala yang belum terselesaikan” ungkap Yudi.

Direktur Preservasi ANRI Drs. Imam Gunarto, M.Hum menawarkan sejumlah kegiatan rutin yang dilakukan ANRI dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang kearsipan. Menurut beliau ANRI melakukan beberapa pelatihan kilat dan pemangangan di Jakarta, sehingga bisa dijadikan tempat untuk belajar pengelolaan arsip.

Salah satu agenda utama kunjungan Direktur Preservasi ANRI ke BK Borobudur adalah menjajaki kerjasama pemanfaatan Laboratorium SEM untuk pengelolaan arsip arsip kuno yang dimiliki ANRI, apalagi banyaknya kasus penipuan berkas-berkas kuno  yang memerlukan perhatian khusus.

Menanggapi ajakan tersebut Kepala BK Borobudur Drs, Marsis Sutopo, M.Si menanggapi dengan positif, beliau mengatakan dengan kerjasama tersebut nanti bisa dibuat database mengenai kertas-kertas kuno dengan memanfaatkan laboratorium SEM untuk melihat mikro struktur kertas. Dengan data-data mikro struktur yang didapat bisa dijadikan salah satu parameter kertas kuno.

Related Posts