Penutupan Pelatihan Konservasi Tingkat Menengah 2011

 Berita

 

Sabtu (13/08/11) Balai Konservasi Peninggalan Borobudur melaksanakan acara Penutupan Pelatihan Konservasi Tingkat Menengah 2011 yang telah terlaksana selama 20 hari.

Pelatihan ini ditujukan untuk mempersiapkan tenaga-tenaga konservator yang professional, karena mereka merupakan salah satu sumber daya manusia yang memiliki posisi pokok dalam upaya pelestarian cagar budaya di seluruh tanah air.

 

Acara diawali dengan laporan ketua panitia, Isni Wahyuningsih, S.S mengenai pelaksanaan pelatihan konservasi yang berlangsung lancar meskipun ada satu peserta yang berasal dari BP3 Aceh tidak bisa mengikuti akibat beberapa kendala. Dia berpesan dengan adanya pelatihan semacam ini, kerja sama antar instansi bisa dipererat untuk bersama-sama melestarikan cagar budaya.

Hal serupa juga di ungkapkan oleh Slamet peserta yang berasal dari Museum Nasional, sebagai perwakilan dari para peserta dia berharap pelatihan semacam ini untuk lebih sering diadakan dan ditingkatkan, Karena pelatihan ini memberikan banyak sekali manfaat terutama di bidang konservasi. “Selain itu hubungan silaturahmi yang telah terbina selama 20 hari jangan sampai terputus” tambahnya.

Acara secara resmi ditutup oleh Kepala BKP Borobudur Drs. Marsis Sutopo, M.Si, beliau berpesan bahwa tidak mungkin bisa membuat orang ahli di bidang konservasi hanya dengan pelatihan yang singkat semacam ini, perlu pengembangan-pengembangan lebih lanjut untuk mengatasi permasalahan yang semakin berkembang. Dengan pelatihan ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan dan wawasan baru, paling tidak untuk mengatasi permasalahan yang ada didaerah masing-masing.

 

Related Posts