Penyerahan Sertifikat MoW Arsip Konservasi Borobudur

 Berita

Selasa (17/04/18) Balai Konservasi Borobudur menerima sertifikat Memory of the World (MoW) UNESCO atas koleksi Arsip Konservasi Borobudur. Penyerahan sertifikat merupakan rangkaian Peringatan 63 tahun KAA sekaligus Workshop Memory of the World yang digelar di Jakarta.
Sertifikat MoW untuk Arsip Konservasi Borobudur diserahkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir kepada Kepala Seksi Konservasi Balai Konservasi Borobudur Iskandar M.Siregar.
Arsip Konservasi Borobudur telah ditetapkan masuk dalam register Memory of the World UNESCO pada tanggal 30 Oktober 2017 bersama Arsip Tsunami Samudra Hindia dan Naskah Cerita Panji. Arsip Konservasi Borobudur merupakan dokumentasi dari restorasi Candi Borobudur yang menjadi salah satu kampanye internasional dalam upaya penyelamatan monumen bersejarah di dunia.
Kampanye dan restorasi Candi Borobudur juga menjadi contoh penggunaan teknik konservasi modern untuk upaya konservasi sebuah monumen. Arsip Konservasi Borobudur juga menjadi bukti kerja sama dan kepedulian internasional yang semakin memperkuat identitas Candi Borobudur sebagai Warisan Dunia.

Related Posts