Perayaan Waisak 2557 BE/2013

 Berita

Detik-detik Waisak 2557 BE/2013, jatuh pada hari Sabtu 25 Mei pukul 11 : 24 : 39 detik, diperingati dengan puja bhakti atau berdoa di candi Mendut, Magelang, Jawa Tengah.

Peringatan Trisuci Waisak merupakan rangkaian tiga peristiwa yaitu memperingati kelahiran, pencapaian kesempurnaan dan meninggalnya sang Budha. Tahun ini tema peringatan Waisak adalah Peningkatan Kesadaran untuk terus Meningkatkan Kebajikan.

Bhiksu Diwirya dari Jakarta menyampaikan harapannya untuk kedamaian Indonesia. “Harapan kita dengan semangat Waisak ini, kita diajak untuk meningkatkan kesadaran. Kesadaran ini kita gunakan untuk peduli dengan orang lain artinya mengajak kita untuk saling berbagi, saling kasih dan apa yg kita harapkan khususnya untuk bangsa Indonesia ini menjadi masyarakat yang tenang, damai dan bahagia,” kata Bhiksu Diwirya.

Setelah upacara peringatan detik-detik Waisak, umat Budha melakukan prosesi sejauh dua kilometer menuju candi Borobudur dengan membawa berbagai persembahan termasuk makanan, kitab suci dan api abadi yang diambil dari Mrapen Purwodadi Jawa Tengah.

Acara waisak di Candi Borobudur dihadiri Menteri Agama Surya Dharma Ali dan Gubernur Jawa tengah Bibit Waluyo. Meskipun acara dimulai sedikit terlambat dan diguyur hujan namun acara tetap dilanjutkan. Pelaksanaan waisak di Candi Borobudur tahun ini lebih ramai dibanding tahun-tahun sebelumnya , hal ini akibat banyaknya pengunjung yang hadir dibandingkan umat buddha yang melakukan ibadah.  Akibatnya pelaksanaan waisak di candi Borobudur menjadi tidak khusuk bahkan ketika prosesi pradaksina para bhiksu tidak leluasa untuk berkeliling candi akibat penuhnya para pengunjung yang ingin mengabadikan prosesi tersebut.

Akibat hujan yang turun cukup lebat pelaksanaan pelepasan lampion  yang telah ditunggu oleh para pengunjung urung untuk dilaksanakan. Pukul 22.30 para pengunjung baru berangsur-angsur meninggalkan Candi Borobudur.

 

 

Related Posts