Thursday 27th July 2017

Perekaman Data dan Pendokumentasian Penyelamatan Situs Cagar Budaya Jatigede

 Berita

Guna menyelamatkan Situs Cagar Budaya Jatigede Sumedang Jawa Barat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Balai Konservasi Candi Borobudur

melaksanakan Perekaman Data dan Pendokumentasian Situs. Hal ini dilakukan mengingat potensi ancaman kerusakan akibat tekanan pembangunan dan perubahan topografi lingkungan di sekitar kawasan Cagar Budaya Jatigede.

 

Kawasan Situs Jatigede memiliki 42 situs/benda cagar budaya yang terdiri atas 94 objek yang tersebar di 12 desa pada 4 kecamatan. Kawasan ini merupakan calon genangan waduk Jatigede yang terdapat situs pemukiman dengan tinggalan fitur dan artefak yang cukup beragam. Situs pemukiman dengan tinggalan fitur dan artefak tersebut umumnya berupa   makam dari tokoh-tokoh besar yang terkait dengan keberadaan sejarah daerah Sumedang di masa lalu.

Keberadaan makam-makam kuna dengan nisan-nisan yang berangka tahun dari abad ke-19 M dan juga temuan artefak berupa pecahan keramik Cina dan botol minuman produksi Eropa, turut memberikan informasi akan adanya hubungan dan pengaruh dari luar kawasan itu di masa lalu, terutama dari Cina dan Eropa.

Dengan dibangunnya Waduk Jatigede yang direncanakan sebagai daerah tangkapan air bagi sumber air yang berada di sekitar wilayah genangan yang difungsikan sebagai penampung air diwaktu musim penghujan dan bahaya genangan banjir akan akan berdampak pada keberadaan situs.

Dalam rangka penyelamatan dan pelestarian Situs Jatigede tersebut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Balai Konservasi Peninggalan Borobudur, Direktorat Sejarah dan Purbakala, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata akan melakukan kegiatan Perekaman Data dan Pendokumentasian Penyelamatan Situs Cagar Budaya Jatigede Sumedang dengan Aplikasi 3D Laser Scanner Photogrammetry, output data dari kegiatan ini diharapkan dapat mendukung solusi penanganan yang tepat dan ideal situs yang akan terkena dampak dari pembangunan waduk.

Related Posts