Peresmian Galeri Unesco di Borobudur

 Berita

UNESCO Office Jakarta Rabu, (14/05/14) meresmikan Galeri Unesco yang berada di desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Peresmian dilakukan oleh Deputy Director of UNESCO Office, Jakarta, Mr. Shahbaz Khan, Minister of Development, Coorperation, Departement of Foriegn Affairs and Trade, Australian Embassy, Mr. James Gilling, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti, dan Bupati Magelang Zaenal Arifin.

 

Dalam kesempatan tersebut Wiendu menjelaskan bahwa pendirian galeri ini sejalan dengan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai Rumah Budaya Nusantara yang didirikan di seluruh provinsi di Indonesia dan Rumah Budaya Indonesia yang didirikan di 10 Negara.

“Rumah Budaya Nusantara yang saat ini dibangun, merupakan semacam Commonity Centre sebagai kantong-kantong kebudayaan dimana masyarakat bisa mengembangkan budayanya” ungkap Wiendu. “kami sangat berharap kepada para bupati dan pemimpin daerah lainnya untuk mengajukan usulan rumah budaya diwilayahnya, yang nantinya akan diseleksi dan diberi pendampingan dari kementerian” tambahnya.

Mr. James Gilling dalam kesempatan tersebut mengatakan sangat senang bahwa Pemerintah Australia bisa ambil bagian dalam pendirian galeri UNESCO di Borobudur ini. Dia mengatakan bahwa desa Karanganyar sangat indah dan mengapresiasi usaha untuk menjual keunikan yang ada didesa ini.

Sementara Mr. Shahbaz Khan mengapresiasi semua pihak yang telah membantu berdirinya galeri UNESCO ini. Dia berharap dengan berdirinya galeri ini bisa bermanfaat dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Related Posts