Peresmian patung dada Rabindranath Tagore

 Berita

Senin (26/11/12) Duta Besar India untuk Indonesia, mewakili Pemerintah India, Mr. Gurjit Singh, dengan Plt Direktur Asia Selatan dan Tengah Listyowati yang mewakili Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI dan Kepala Balai Konservasi Borobudur Drs. Marsis Sutopo M.Si meresmikan patung dada Rabindranath Tagore di halaman Hotel Manohara, Magelang Jawa Tengah.

Rabindranath Tagore merupakan tokoh kemanusiaan dan kesusastraan India yang pernah meraih penghargaan Nobel Sastra tahun 1931. Dia tercatat pernah mengunjungi Candi Borobudur Tahun 1927 dan sangat mengagumi Candi Budha terbesar di dunia, sehingga diabadikan dalam salah satu puisinya yang berjudul “Kepada Tanah Jawa”

Listyowati mengatakan inisiatif Pemerintah India menempatkan patung Tagore di Borobudur untuk merefleksikan kedekatan hubungan historis kedua bangsa di bidang kebudayaan. Patung dada pemberian Pemerintah India ini akan ditempatkan di Museum Arkeologi Candi Borobudur.

Sementara itu, Dubes Singh dihadapan para peserta Rally Asean India menyampaikan pentingnya mempererat hubungan bilateral Indonesia-India melalui diplomasi budaya, antara lain dengan saling bertukar karya-karya kebudayaan seperti penempatan patung Tagore ini yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan 150 tahun kelahiran Tagore.

Kepala Balai Konserverasi Borobudur sebagai Unit Pelayanan Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selaku penerima patung juga menyambut baik peresmian patung dada Rabindranath Tagore. Menurutnya kerja sama antara India dan Indonesia sudah berlangsung sejak jaman dahulu seperti saling bertukar kebudayaan sebagai contoh Candi Borobudur yang berisi ajaran Budha dan Candi Prambanan yang berisi ajaran Hindu. Meskipun kedua ajaran berasal dari India setelah sampai di Indonesia telah di akulturasikan dengan budaya lokal Indonesia.

 

 

Related Posts