Polisi Masyarakat untuk Terwujudnya Lingkungan Tertib dan Aman

 Berita

Selasa (31/05/11) Kepolisian Daerah Jawa Tengah mengadakan pembinaan kepada Security Balai Konservasi Peninggalan Borobudur.

Pembinaan diberikan langsung oleh Kasubdit Bin Polmas Polda Jawa Tengah AKBP Desak Putu Menuh berkaitan dengan kebijakan dan Strategi Polisi Masyarakat di wilayah Jawa Tengah terutama di kawasan wisata Candi Borobudur.

Desak Putu Menuh dalam paparannya menjelaskan bahwa tanggung jawab Polisi Masyarakat saat ini lebih berat, mereka harus merubah paradigma lama yang negatif bahwa polisi dianggap sebagai alat kekuasaan dan alat hukum, yang berusaha memperoleh keuntungan dengan mencari-cari kesalahan masyarakat. Polisi seharusnya menjadi pelindung masyarakat yang sesuai dengan tugas pokoknya memelihara keamanan dan ketertipan masyarakat, melindungi, mengayomi, melayani, serta menegakkan hukum.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Polmas harus mampu mengikutsertakan masyarakat untuk berperan aktif guna membangun kemitraan dalam upaya mencegah dan menjadi langkah awal penanggulangan segala bentuk gangguan. Hal tersebut dapat diselesaikan dalam suatu wadah Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM). Saat ini keamanan merupakan sebuah investasi bukan suatu cost atau pembiayaan, lingkungan yang aman dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung.

FKPM yang dibentuk merupakan organisasi kemasyarakatan yang bersifat mandiri dan bebas dari campur tangan pihak lain, dibangun atas kesepakatan bersama antara polisi dengan warga masyarakat. Diharapkan dengan terwujudnya kemitraan antara polisi dengan masyarakat dapat meningkatkan kesadaran hukum dan partisipasi masyarakat dalam menciptakan kamtibmas di lingkungannya.

Related Posts