Wednesday 20th September 2017

Preserving Our Heritage, Borobudur

 Berita

Kamis 17 Februari 2011, suasana Candi Borobudur tidak seperti biasanya, nampak puluhan anak –anak , orang dewasa berkumpul bersama mengikuti  acara “Preserving Our Heritage, Borobudur

yaitu penanaman pohon untuk pemulihan lingkungan di sekitar Candi Borobudur.

 

Acara diawali dengan sambutan dan ucapan selamat datang dari kepala Balai Konservasi Peninggalan Borobudur, Drs. Marsis Sutopo, M.Si.

Dilanjutkan sambutan oleh Presiden Direktur PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Purwono Siswoprasetjo, dan dilanjutkan dengan sambutan yang mewakili Bupati Magelang.

Pada kesempatan ini juga Warwick Purser selaku Chairman Friends of Borobudur ikut menyampaikan sambutan.

Direktur Unesco Office Jakarta Mr. Hubert Gizjen juga menyampaikan beberapa hal dalam sambutnya diantara ucapan terima kasih kepada semua pihak yang ikut dalam pemulihan kembali Candi Borobudur pasca letusan gunung berapi.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Sejarah dan Purbakala Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, dalam hal ini diwakili Direktur Peninggalan Purbakala, Drs. Junus Satrio Atmodjo, M. Hum menyampaikan bahwa Pemulihan Candi Borobudur akaibat letusan Gunung Merapi 2010 membutuhkan waktu dua hingga tiga tahun.

Tahun ini akan dilaksanakan pemantauan dan mengantisipasi timbunan abu vulkanik yang masih tersembunyi karena Bentuk Candi Borobudur yang cukup rumit dan banyak relung serta celah, harus dibersihkan dari abu vulkanik lanjut Direktur.

Lebih lanjut  Direktur menyampaikan bahwa revitalisasi lingkungan yang salah satunya melalui penanaman pohon harus dilakukan secara bertahap untuk menghijaukan lingkungan Candi Borobudur.

Kemudia acara di lanjutkan dengan pelepasan burung dan penanaman pohon sebanyak 340 buah yang dilakukan oleh berbagai kalangan dan di tanam sekitar Candi Borobudur.

Related Posts