Rencana Pendirian Pusat Kebudayaan Thailand di Borobudur

 Berita

Sebuah yayasan sosial di Thailand dan didukung oleh  Pemerintah Thailand berencana akan mendirikan Pusat Kebudayaan Thailand di Borobudur, untuk itu Kamis (08/05/14) mereka melakukan pertemuan dengan berbagai pihak di Balai Konservasi Borobudur untuk mendapatkan masukan dan arahan.

 

Rombongan delegasi Thailand mengelar pertemuan didampingi staf dari KBRI di Bangkok, mereka menyampaikan keinginan untuk mendirikan Pusat Kebudayaan Thailand di Borobudur. Rencana ini sebenarnya telah dibuat tiga tahun lalu, hanya saja baru tahun ini dibuka kembali. Mereka mengatakan bahwa telah melakukan pembicaraan dengan Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Kementerian Luar negeri.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang  Dian Setia Dharma mengatakan pihaknya sangat terbuka dengan rencana pendirian Pusat Kebudayaan Thailand di Borobudur bahkan kami sangat mendukung untuk mendorong perekonomian masyarakat sekitar. “Pihak Pemerintah Kabupaten Magelang sebelumnya juga telah mencari lokasi yang nantinya bisa digunakan untuk Pusat Kebudayaan Thailand” ungkap Dian “Namun untuk lebih pastinya nanti bisa kita lihat bersama-sama” tambahnya

Kepala Balai Konservasi Borobudur Marsis Sutopo juga mendukung rencana pendirian Pusat Kebudayaan Thailand di Borobudur yang menurutnya bisa mendukung rencana Balai Konservasi Borobudur untuk mengembangkan wisata edukasi di Candi Borobudur. Namun Marsis berpesan agar pihak dari Thailand untuk tetap melaksanakan rencananya sesuai dengan aturan yang ada di Indonesia sehingga tidak menyalahi prosedur.

Related Posts