Sayembara Sketsa Cagar Budaya Indonesia

 Berita

Minggu (26/2/2017), Balai Konservasi Borobudur bekerja sama dengan Komunitas Java menggelar acara penutupan Sayembara Sketsa Cagar Budaya Indonesia, kegiatan bertempat di Hotel Atria Magelang. Acara tersebut merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan sayembara sketsa yang berjalan sejak awal Februari.

Dalam sambutannya mewakili Kepala Balai Konservasi Borobudur, Isni Wahyuningsih menyampaikan bahwa, kegiatan ini menjadi salah satu upaya Balai Konservasi Borobudur untuk melibatkan komunitas dalam pelestarian cagar budaya khususnya Candi Borobudur. Diharapkan nantinya dapat meningkatkan peran serta dan rasa memiliki dari komunitas dan masyarakat secara luas terhadap cagar budaya dan tanah air.

Selain acara penutupan dan penyerahan hadiah, dipaparkan pula materi mengenai dokumentasi cagar budaya oleh Brahmantara dan mengenai sketsa oleh Kaji Habeb. Brahmantara sebagai salah satu pembicara menjelaskan betapa pentingnya dokumentasi dalam upaya pelestarian cagar budaya. Dokumentasi tidak terbatas hanya fotografi, bahkan sketsa juga merupakan salah satu dari banyaknya bentuk dokumentasi. Dapat dikatakan dokumentasi dalam bentuk sketsa membawa imajinasi kita ke masa lalu, dan juga dapat digunakan sebagai referensi untuk melakukan tindakan pelestarian, seperti rekonstruksi atau pemugaran

Related Posts