Seminar Kajian Pelapis Tangga Candi Borobudur

 Berita

Rabu (20/01/16) Balai Konservasi Borobudur bekerja sama dengan PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko

menyelenggarakan Seminar Kajian PelapisTangga Candi Borobudur di Hotel Manohara, Borobudur. Seminar ini memaparkan beberapa alternatif untuk mengatasi permasalahan keausan batu tangga di Candi Borobudur.

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan tim Balai Konservasi Borobudur terhadap kondisi keausan batu tangga candi telah berada pada titik yang mengkhawatirkan sehingga dilakukan beberapa kajian pelapisan tangga dengan kayu menggunakan pelapisan tangga Candi Borobudur dan kajian bantalan karet untuk pelapisan tangga Candi Borobudur yang bekerja sama dengan Balai Kulit, Karet, dan Plastik Yogyakarta.

Kepala Balai Konservasi Borobudur Marsis Sutopo mengatakan bahwa bangsa Indonesia mempunyai kekayaan yang melimpah, yang dapat dijadikan bahan untuk melindungi cagar budaya. Dia berharap dalam pelapisan tangga Candi Borobudur bisa memanfaatkan bahan-bahan tradisional sebagai bahan konservan tradisional.

Dalam Seminar Kajian Pelapis Tangga Candi Borobudur hadir beberapa narasumber yaitu: Prof. Dr. Inajati Adrisijanti, Prof. Dr. Sumijati Atmosudiro, Ir. Suprapto Siswosukarto, Ph.D, Dr. Alva Edy Tantowi, dan Valentina Sri Pertiwi Rumiyati, MP, Ir. Retno Hardiasiwi, SE.

Related Posts