Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi di Candi Mendut

 Berita

Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi di Candi Mendut

Rabu (09/05/18) Balai Konservasi Borobudur (BKB) melaksanakan Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi di Candi Mendut. Kegiatan ini sebagai bentuk persiapan dini dalam menghadapi bencana gempa bumi sekaligus menumbuhkan empati untuk peduli dengan lingkungan sekitar termasuk cagar budaya.

Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi di Candi Mendut Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi di Candi Mendut
Simulasi ini melibatkan 150 peserta yang berasal dari BKB, BPBD Kabupaten Magelang, PMI Kabupaten Magelang, SAR Kabupaten Magelang, Polres Magelang, Polsek Mungkid, Puskesmas Kota Mungkid, LSM, HPI, Pramuka Saka Widya Budaya Bakti, dan Paguyuban Pedagang Candi Mendut.
Simulasi ini menginformasikan bahwa pada pukul 09.00 WIB terjadi gempa bumi berkekuatan 6 SR dengan kedalaman 10 KM yang berpusat di Pegunungan Menoreh. Dampak dari gempa tersebut menyebabkan kerusakan di Candi Mendut yang mengakibatkan korban jiwa dari pengunjung candi.

Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi di Candi Mendut Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi di Candi Mendut
Dengan sigap petugas Balai Konservasi Borobudur yang didukung berbagai pihak melakukan evakuasi terhadap para korban. Satu persatu korban diidentifikasi dan diberi pertolongan pertama sebelum dilakukan tindakan lanjutan. Tim inventarisasi aset arkeologi juga dengan sigap mendata kerusakan yang terjadi.
Setiap adegan dilaksanakan sesuai dengan tugas tim masing-masing sehingga simulasi ini berjalan dengan baik dan lancar.
Diharapkan dengan dilaksanakannya Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi di Candi Mendut dapat menumbuhkan kesadaran untuk senantiasa waspada terhadap bencana alam dan ancamannya terhadap cagar budaya.

Related Posts