Situs Dipan

 Berita

Situs Dipan  merupakan salah satu situs yang berada didalam Kawasan Cagar Budaya Borobudur, yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya tingkat nasional pada tahun 2014. Situs ini terletak di Dusun Dipan, Desa Tuksongo, Kecamatan Borobudur.

Riwayat Temuan Arkeologis disitus Dipan ditemukan arca Mahakala dari bahan terakota tanpa bagian belakang dan asana (landasan), arca ini disimpan di kantor BPCB Jawa Tengah. Selain itu juga ditemukan antefik dari bahan terakota yang disimpan di kantor Balai Konservasi Borobudur.

Pada lahan yang sama juga ditemukan fragmen bata kuna dan batu andesit berbentuk kerucut dengan delapan sisi dan bagian atas yang terpotong selain itu juga ditemukan batu dengan pahatan stupa (JICA,1979:71).

Eksisting Temuan Arkeologis Di Lapangan dijumpai temuan fragmen bata kuna yang berada dalam lubang galian (test pit) yang digali untuk penelitian arkeologi oleh Balai Arkeologi Yogyakarta. Salah satu fragmen bata kuna yang dijumpai berukuran (panjang x lebar x tinggi = 19 x 14 x 8 cm) pada kedalaman 1,3 m. Dari bentuk dan ukuran bata tersebut, maka bata tersebut diindikasikan sebagai bata penyusun struktur bangunan kuna masa klasik.

Selain Situs Dipan, terdapat 8 situs lainnya di Kawasan Cagar Budaya Borobudur, yaitu Candi Borobudur, Candi Pawon, Candi Mendut, Situs Brongsongan, Situs Bowongan, Situs Samberan, Situs Plandi dan Kompleks Makam Belanda (Kerkhoff).

 

 

 

 

Related Posts