Situs Samberan

 Berita
Situs Samberan adalah satu satu situs yang berada dalam Kawasan Cagar Budaya Borobudur yang telah ditetapkan dengan Permendikbud No. 286/M/2014 pada tahun 2014. Situs ini terletak di Dusun Samberan, Desa Ringinanom, Kecamatan Tempuran, Magelang, Jawa Tengah. Diperkirakan Situs Samberan merupakan salah satu tinggalan dari kerajaan Mataram Kuno (abad 7-10 M).

Temuan yang ada di Situs Samberan berupa bata kuno dan beberapa yoni. Bata kuno yang ditemukan berupa bata penyusun bagian sudut dari struktur fondasi candi. Struktur yang terlihat hanya di sudut tersebut, sedangkan bagian lainnya masih tertutup tanah. Pada struktur bata tersebut masih dijumpai adanya bata kulit atau bata yang menjadi lapisan luar sebuah candi.

Situs Samberan

Temuan lain di Situs Samberan adalah beberapa yoni yang terletak di sekitar struktur bata. Salah satu temuan yoni, diletakkan di dekat rumah warga. Yoni tersebut sudah tidak utuh, hanya terdapat bagian kaki dan sebagian tubuhnya. Bagian atas dan ceratnya sudah tidak dijumpai ketika survei dilakukan. Dasar yoni berbentuk relatif persegi dengan ukuran 103 x 105 cm, sedangkan ukuran tubuhnya 67 x 63 cm, kemudian lubang di tengah tubuh yoni berbentuk persegi dengan ukuran 35 cm.

Salah satu yoni di Situs Samberan

Yoni lain juga ditemukan di sekitar bangunan Masjid Samberan, berupa 2 yoni yang berbentuk persegi dengan posisi terkubur dan hanya nampak bagian atasnya saja. Yoni yang berada di tenggara masjid berbentuk persegi dengan ukuran panjang 97 cm, sedangkan ukuran bagian yang lain belum diketahui karena posisinya tertutup struktur masjid. Lubang di atas yoni berukuran 35 x 37 cm dan kedalamannya belum diketahui. Yoni yang ada di timurlaut juga berada dalam posisi sebagian tertutup tanah dan struktur lantai masjid. Pengukuran hanya dapat dilakukan dengan mengukur jarak antara tepian yoni dengan lubang yoni yang berbentuk persegi, yaitu sejauh 15 cm. Yoni yang berada di timurlaut sebagian besar tertutup struktur lantai masjid, hanya ¼ bagian yoni yang tampak dari permukaan.

Pada hasil survei lain yang diterbitkan tahun 2002, selain temuan struktur bata dan yoni, juga ditemukan 2 umpak di Situs Samberan. Umpak berbentuk bulat, kemungkinan sudah dilakukan modifikasi pada umpak tersebut dan digunakan untuk fondasi rumah penduduk.

Selain Situs Samberan, terdapat 8 situs lainnya di Kawasan Cagar Budaya Borobudur, yaitu Candi Borobudur, Candi Pawon, Candi Mendut, Situs Dipan, Situs Bowongan, Situs Brongsongan, Situs Plandi dan Kompleks Makam Belanda (Kerkhoff).

Balai Konservasi Borobudur

Related Posts