Sosialisasi Undang-Undang Cagar Budaya No. 11 Tahun 2010

 Berita

Sebagai wujud tanggung jawab atas UU No. 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya, Balai Konservasi Peninggalan Borobudur mengadakan sosialisasi kepada guru dan pelajar SLTA di wilayah Kabupaten Magelang. Diharapkan dengan sosialisasi undang-undang Cagar Budaya ini masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam upaya pelestarian cagar budaya di Indonesia.

Acara dibuka langsung oleh Kepala BKP Borobudur Drs. Marsis Sutopo, M.Si yang sekaligus memberikan paparan materi UU No. 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya yang mengantikan UU No. 5 tahun 1992. Selain materi tentang undang-undang cagar budaya peserta juga mendapatkan materi tentang Pemeliharaan Cagar Budaya oleh Nahar Cahyandaru, S.Si selaku Koordinator Pokja pemeliharaan dan materi Perlindungan Cagar Budaya oleh Sugiyono, SH selaku Koordinator Pokja Perlindungan.

{besps}simpleslideshow/uu{/besps}

Untuk lebih memberikan variasi dalam penyampaian materi, panitia memberikan semacam permainan dan perlombaan. Seperti teka-teki silang mengenai cagar budaya dan mengidentifikasi secara langsung pelanggaran terhadap UU cagar budaya di Candi Borobudur, sehingga peserta bisa lebih memahami isi UU cagar No 11 tahun 2011.

Deva Ahmad, salah satu peserta yang berasal dari SMAN Kota Mungkid mengaku sangat senang mengikuti acara sosialisasi ini karena bisa menambah pengetahuan dan wawasan mengenai sejarah dan cagar budaya bangsa, dia berharap acara semacam ini bisa terus dilanjutkan di tahun mendatang. Hal senada juga diungkapkan Budi Raharjo, guru SMK Borobudur yang berharap acara semacam ini terus diadakan dan ditingkatkan.

Foto Kegiatan Sosialisasi UU Cagar Budaya dapat diunduh melalui link di bawah ini.

Related Posts