Stone Conservation Workshop

 Berita

Bertempat di ruang sidang Balai Konservasi Peninggalan Borobudur diselenggarakan worskshop konservasi batu (Stone Conservation Workshop).

Dalam workshop tersebut hadir dua orang ahli konservasi yang berasal dari Jerman, Prof. Dr. Hans Leisen dan Dr. Esther von Plehwe-Leisen.

Workshop akan berlangsung selama 10 hari 3-12 Januari 2011 yang akan membahas sejumlah permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan konservasi cagar budaya. Selain berdiskusi dalam workshop juga melakukan observasi lapangan untuk melihat langsung permasalahan yang terjadi.

Prof. Dr. Hans Leisen merupakan seorang dosen di Universitas Cologne Jerman bidang ilmu pengetahuan terapan dan juga membidangi ilmu pengetahuan konservasi (Cologne Institute for Conservation Science) sedangkan Dr. Esther von Plehwe-Leisen meupakan seorang peneliti di bidang geologi. Mereka  merupakan sepasang suami istri yang sering bekerja sama dalam kegiatan konservasi .

Prof. Dr. Hans Leisen sangat senang bisa bergabung dan bekerja sama dalam workshop ini, dia sangat tertarik dengan konservasi di Indonesia dan berharap bisa saling bertukar ilmu pengetahuan tentang konservasi. Dia dan istrinya juga sangat mengapresiasi Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur yang baru saja diresmikan beberapa waktu yang lalu. Menurut mereka studio ini sangat informatif dan setiap orang bisa mendapatkan pengetahuan yang baru mengenai sejarah dan proses pemugaran Candi Borobudur.

Workshop ini merupakan kerjasama antara Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) Office Jakarta.

Related Posts