Studi Banding Biro Umum Kementerian Keuangan di Borobudur

 Berita

 

Kementerian Keuangan yang rencanyanya akan merestorasi gedung Daendels atau biasa disebut gedung A.A Maramis melakukan studi banding ke Balai Konservasi Borobudur.

Studi banding ini untuk menjajaki kerja sama dengan BK Borobudur untuk bisa mendapatkan data-data pembanding agar proses restorasi gedung Daendels bisa berjalan dengan baik.

Rombongan yang dipimpin oleh Kepala Biro Umum Sekertariat Jenderal Kementerian Keuangan Bambang Isnaeni G mengatakan bahwa Kementerian Keuangan berencana akan merestorasi gedung Daendels yang kini kondisinya sudah memprihatinkan. Beberapa studi teknis telah dilakukan oleh mitra dari Kementerian Keuangan untuk proses restorasi gedung namun untuk lebih melengkapi data-data teknis Kementerian Keuangan berniat menggandeng BK Borobudur.

Menanggapi hal tersebut Kepala Balai Konservasi Borobudur Drs. Marsis Sutopo, M.Si. menyambut baik permintaan kerja sama dari Kementerian Keuangan untuk membantu restorasi gedung Daendels. Beliau mengunkapkan bahwa BK Borobudur beberapa waktu yang lalu juga ikut membantu restorasi gedung Bank Indonesia yang ada di Jakarta. Beberapa sampel bahan bangunan Bank Indonesia dikirimkan ke BK Borobudur dan dianalisis untuk mengetahui campuran-campuran bahan bangunannnya sehingga dalam proses restorasi gedung tetap menggunakan bahan yang sama.

Selain menjajaki kerja sama merestorasi gedung Deandels Kementerian Keuangan yang datang bersama beberapa mitranya juga tertarik untuk saling bertukar ilmu dalam pelaksanaan kegiatan di laboratorium. Perbedaan fungsi laboratorium di masing-masing kantor bisa saling disinergikan sehingga manfaat yang dihasilkan lebih optimal.

Rombongan Kementerian Keuangan juga diajak berkeliling melihat fasilitas laboratorium seperti Mikrobiologi, Fisik, Kimia, dan SEM (Scanning Electron Microscope).

Related Posts