Studi Banding Juru Pelihara Benda Cagar Budaya Kabupaten Blitar

 Berita

Sabtu (07/11/15) Rombongan Juru Pelihara Benda Cagar Budaya Kabupaten Blitar melaksanakan Studi Banding ke Balai Konservasi Borobudur.

 

Studi Banding diikuti 65 Juru Pelihara Se-wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur untuk melihat secara langsung kegiatan pelestarian yang dilakukan di Candi Borobudur.

Rombongan disambut Kepala Seksi Konservasi Iskandar M. Siregar di ruang sidang 1 BK Borobudur. Iskandar menyampaikan selamat datang  dan memberikan paparan mengenai kegiatan pelestarian yang dilakukan BK Borobudur. Untuk memantau kondisi Candi Borobudur setiap tahun selalu dilakukan monitoring yaitu:

1. Monitoring dan Evaluasi Keterawatan Batu Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Pawon

2. Monitoring dan Evaluasi Stabilitas Struktur Candi Borobudur dan Bukit, Candi Mendut, dan Candi Pawon

3. Monitoring dan Evaluasi Lingkungan

4. Monitoring dan Evaluasi Geohidrologi

5. Monitoring dan Evaluasi Kawasan Cagar Budaya Borobudur

Iskandar berharap melalui kegiatan studi banding ini dapat menambah pengalaman dan wawasan para juru pelihara di Kabupaten Blitar.

 

Selain melakukan studi banding di Candi Borobudur, rombongan Juru Pelihara juga berkunjung ke beberapa candi seperti Candi Ratu Boko, Candi Prambanan, dan Candi Sewu. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan meningkatkan kompetensi para Juru Pelihara di Kabupaten Blitar apalagi pada tahun ini Kabupaten Blitar mendapatkan dua penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Penghargaan Peduli Cagar Budaya dan Juru Pelihara Terbaik 2015 atas nama Bondan Siswanto. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

 

 

Related Posts