Studi Eskursi Mahasisawa Teknik Sipil UI di Candi Borobudur

 Berita

Selasa (14/06/11) 65 mahasiswa Universitas Indonesia dari Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil mengadakan studi eskursi di Candi Borobudur. Studi eskursi merupakan kunjungan lapangan untuk melihat secara langsung pelaksanaan kegiatan dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan.

Rombongan diterima langsung oleh Kepala Balai Konservasi Peninggalan Borobudur Drs. Marsis Sutopo, M.Si, beliau memberikan penjelasan tentang tugas dan fungsi dari BKP Borobudur. Dalam usaha pelestarian cagar budaya balai membutuhkan beragam disiplin ilmu termasuk teknik sipil untuk melakukan kajian dan penanganan cagar budaya seperti struktur bangunan Candi Borobudur.

Selain itu para mahasiswa juga diberikan paparan oleh Brahmantara ST, mengenai struktur analisis dan monitoring Candi Borobudur yang digunakan untuk memantau pergerakan candi akibat pergerakan tanah, air tanah, dan beban candi. Dari hasil analisis dan monitoring yang rutin dilakukan akan digunakan untuk penanganan lebih lanjut terhadap Candi Borobudur.

Setelah dilanjutkan dengan sesi tanya jawab mengenai permasalahan pemeliharaan candi dan penanganannya, para mahasiswa menuju ke Candi Borobudur untuk melihat secara langsung meterial-material yang digunakan untuk membangun struktur candi dan bagaimana konstruksi pola penyusunan batu.

{besps}simpleslideshow/ui{/besps}

Ketua rombongan Triananda Pangestu Gusti, mengatakan eskursi kali ini untuk mempelajari material-material yang digunakan untuk menyusun sebuah bangunan dari jaman dahulu hingga sekarang dan salah satunya adalah Candi Borobudur. Dia sangat kagum dengan struktur batu-batu candi yang bisa berdiri kokoh tanpa adanya semen.

Dia juga berterima kasih kepada BKP Borobudur atas kesempatan belajar dan pemberian materi yang sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan terutama tentang konstruksi candi.

Related Posts