Studi Strategis Lemhanas di Candi Borobudur

 Berita

Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Rabu (07/06/11) mengadakan kunjungan sekaligus Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XVII tahun 2011 di Candi Borobudur. Pendidikan dalam mencegah radikalisme dan menjaga kerukunan umat beragama menjadi tema besar yang diangkat pada studi strategis Lemhanas tahun ini dan Candi Borobudur menjadi salah satu obyek studi terutama di bidang pengembangan pariwisata.

Rombongan Lemhanas di terima langsung oleh Bupati Magelang Ir.Singgih Sanyoto dan Muspika Kabupaten Magelang. Rombongan selanjutnya diantar berkeliling Candi Borobudur oleh Kepala Seksi Pelayanan Teknis Balai Konservasi Peninggalan Candi Borobudur Iskandar M. Siregar, S.Si dan dipandu Mura Aristina, dia menerangkan berbagai hal tentang candi mulai dari sejarah hingga kondisi terakhir pasca letusan merapi. didampingi

Peserta rombongan menanyakan bagaimana pengelolaan candi ketika perayaan Waisak mengingat Candi Borobudur sangat identik dengan agama Buddha. Mura Aristina mengatakan bahwa untuk perayaan waisak hanya biksu-biksu saja yang diperkenankan naik ke candi sementara upacara keagamaannya diadakan di pelataran candi.

PPSA XVII Lemhanas tahun 2011 yang diikuti pejabat Eselon satu dan Bintang Satu ke atas di strata kemiliteran ini berlangsung selama lima setengah bulan, mereka juga melakukan studi lapangan di empat provinsi termasuk Jawa Tengah dan beberapa negara. “Isu radikalisme ini sengaja dipilih melihat kondisi bangsa yang nampak mulai tercerai berai, sehingga perlu penanganan lebih lanjut agar sesegera mungkin ditemukan solusinya.” Ungkap Yudi Triono Sekertaris Rombongan. “Hasil studi strategis ini nanti akan dipaparkan di hadapan Presiden sebagai bahan rekomendasi” tambahnya.

Setelah satu jam berkeliling Candi Borobudur, rombongan kembali meneruskan perjalanannya. Ketua rombongan Mayor Jenderal Puspo Joko Purwanto sangat berterima kasih telah diterima dan difasilitasi untuk melakukan studi strategis di Candi Borobudur, sebagai ucapan terima kasih beliau memberikan tanda mata kepada BKP Borobudur yang diterima langsung oleh Iskandar M. Siregar, S.Si.


Related Posts