Tasyakuran Selesainya Pembersihan Abu Gunung Kelud

 Berita

tasyakuran borobudur

Setelah selesainya pembersihan di Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Pawon dari abu vulkanik Gunung Kelud, Balai Konservasi Borobudur mengadakan tasyakuran sebagai wujud syukur selesainya kegiatan tersebut.

 

Tasyakuran diikuti oleh para staf Balai Konservasi Borobudur, pejabat PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko unit Borobudur, beberapa pejabat pemerintahan Kabupaten Magelang dan sejumlah perwakilan relawan.

Tasyakuran dibuka oleh kepala Balai Konservasi Borobudur Drs. Marsis Sutopo M.Si, dia mengucapkan terima kasih atas bantuan dari semua pihak dalam proses recovery di Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Pawon sehingga bisa selesai lebih cepat.

Marsis mengapresiasi bantuan tenaga dari para relawan yang berasal dari Kodim Magelang, Polisi Pariwisata, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Manohara Centre of Borobudur Study, Kopari Borobudur, HPI Borobudur, kelompok pedagang, Atria Hotel and Conference, mahasiswa Arkeologi UGM, Komunitas Watu Magelang, IIWC dan Young Guardian Club, Kelompok Batik Kawasan, Warung Info Jagad Cleguk, umat Buddha, purna tugas Balai Konservasi Borobudur, Hikmahbuddhi, Majelis Buddhayana Indonesia, mahasiswa Seni Musik UNY, mahasiswa Pariwisata UGM, mahasiswa Sastra Inggris UNNES, Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri, Pondok Pesantren Miftahurrohmah, Grand Artos Aerowisata Hotel, Amanjiwo Hotel, dan Ehipassiko.

Pasca selesainya masa recovery ini Balai Konservasi Borobudur masih melakukan beberapa hal yaitu pengecekan saluran drainase bawah lantai di Candi Borobudur dan Penelitian jangka panjang mengenai dampak negatif abu Gunung Kelud terhadap batu Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Pawon. Hal itu dilakukan untuk mengembalikan state of conservationdari ketiga candi.

 

Dalam tasyakuran ini terdapat tiga tumpeng sebagai wujud selesainya pembersihan diketiga candi. Ketiga tumpeng tersebut secara berturut turut diserahkan kepada Kepala Desa Borobudur, Lurah Mendut dan Kepala Desa Wanurejo. Acara diakhiri dengan ramah tamah dan makan siang.

Related Posts