Temuan Situs Struktur Bata Di Bawongan

 Berita

Tim BKP Borobudur melakukan observasi terkait temuan situs struktur bata oleh warga di Desa Bawongan, Kelurahan Ringinanom, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, selasa (24/05/11).

Situs yang ditemukan berupa struktur bangunan dari bata yang berukuran lebih besar daripada bata jaman sekarang.

“Struktur bangunan itu ditemukan sejak dua bulan yang lalu saat melakukan penggalian tanah untuk bahan baku bata” ungkap Mariati pemilik perkarangan tempat situs ditemukan.”Saya menyuruh para pekerja untuk membersihkan temuan itu dan jangan dirusak mengingat di daerah tersebut memang sering ditemukan barang-barang purbakala” tambahnya.

Bata penyusun struktur bangunan yang ditemukan memang memiliki ukuran yang lebih besar dibanding bata jaman sekarang dan memiliki beberapa macam bentuk. Bata yang berbentuk balok berukuran 10,5 cm x 34 cm x 22 cm, bata yang berbentuk trapesium berukuran 34 cm x 11 cm dengan alas bawah 18 cm alas atas 8 cm, dan bata penyusun struktur sudut berukuran 20 cm x 30 cm x 10 cm.

Struktur bangunan itu belum semuanya terlihat karena hanya sebagaian saja yang digali namun terlihat memanjang seperti pondasi, di sekitar penemuan juga terdapat penggalian yang di salah satu sisinya nampak struktur bata yang masih tertutup tanah.

“Untuk membuktikan apakah struktur bangunan yang satu dengan yang lain berhubungan perlu dilakukan kajian lebih lanjut” ungkap Hari Setyawan salah satu anggota tim dari BKP Borobudur “hasil observasi ini nantinya akan dilaporkan ke BP3 Jawa Tengah untuk penanganan lebih lanjut” tambah Hari.

Dari temuan struktur bangunan tersebut diharapkan dilakukan kajian lebih lanjut mengingat sebagian bata telah berpindah tempat dan di ambil warga untuk dimanfaatkan.

Related Posts