Temuan Struktur Lantai di Halaman Candi Mendut

 Berita

Senin (28/04/14) Ekskavasi di halaman Candi Mendut, Magelang, Jawa Tengah menemukan struktur lantai yang diduga merupakan bagian dari bangunan pendukung Candi Mendut.

Temuan ini diduga sebagai bagian Candi Perwara (pendamping) dari Candi Mendut yang beberapa bagiannya tersimpan disisi Utara candi.

 

 

Kepala Balai Konservasi Borobudur Marsis Sutopo yang ditemui dilokasi ekskavasi mengatakan bahwa Candi Mendut diperkirakan memiliki Candi Perwara yang diindikasikan dari banyaknya bagian struktur sebuah candi yang terdapat dihalaman Candi Mendut.

“Dengan ekskavasi ini kita mencoba untuk melihat apakah dihalaman Candi Mendut memang terdapat Candi Perwara atau tidak” ungkap Marsis, “dengan temuan struktur ini akan kita analisis lebih lanjut apakah memang ini bagian dari Candi Perwara Candi Mendut ataukah bagian yang lain” tambahnya.

Marsis juga mengatakan bahwa penemuan ini akan dibicarakan lebih lanjut apakah akan dibuka atau tidak. jika dibuka bagaimana langkah pengamanannya, seperti apa desainnya sehingga tidak malah merusak temuan.

Ekskavasi kali ini merupakan kerjasama antara Jurusan Arkeologi Universitas Gadjah Mada dengan Balai Konservasi Borobudur. Jurusan Arkeologi UGM melakukan kuliah praktik ekskavasi bagi para mahasiswa yang duduk di semester IV. Ekskavasi ini melanjutkan ekskavasi yang sebelumnya dilakukan oleh Balai Konservasi Borobudur, dalam ekskavasi  tersebut ditemukan struktur bata yang memanjang sejajar dengan Candi Mendut.

Related Posts