Tumpengan 100 Tahun Lembaga Purbakala Indonesia

 Berita

14 juni 2013 genap 100 tahun usia Lembaga Purbakala Indonesia. Diusia yang genap satu abad ini Balai Konservasi Borobudur melaksanakan tumpengan sebagai wujud syukur kebersamaan yang telah terjalin dalam upaya pelestarian cagar budaya Indonesia.

Acara tumpengan dibuka oleh kepala Balai Konservasi Borobudur Drs. Marsis Sutopo, M.Si yang menyampaikan sambutan dari Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman. Dalam sambutan tersebut disampaikan bahwa Arkeologi saat ini harus bisa menyentuh keseluruh lapisan masyarakat, bagaimana arkeologi memberikan manfaat yang benar-benar nyata dirasakan oleh masyarakat.

Hadir juga ketua Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia Komda Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Tjahjono Prasodjo. Dia menyampaikan selamat atas 100 tahun purbakala dan berharap dengan usianya yang telah genap satu abad bisa memberikan manfaat yang lebih memasyarakat dan memajukan dunia arkeologi di Indonesia

Surat keputusan Pemerintah tanggal 14 juni 1913 no. 62 menandai berdirinya “ Oudheidkundige Dienst in Nederlandsch – Indie”  sebuah jawatan purbakala (badan purbakala) yang menggantikan “Commissie in Nedelandsch – Indie voor oudheidkundig onderzoek op Java en Modera” yaitu badan panitia sementara yang berdiri pada tahun 1901. Oudheidkundige Dienst in Nederlandsch – Indie inilah yang merupakan cikal bakal institusi Arkeologi di Indonesia.

Acara tumpengan di balai Konservasi Borobudur dihadiri oleh semua staf balai baik yang berada di Candi Borobudur, Mendut, dan Pawon, selain itu juga dihadiri oleh para peserta Bimbingan Teknis Pemugaran Tingkat Menengah yang berasal dari seluruh Indonesia. Setelah pemotongan tumpeng oleh kepala balai acara ditutup dengan doa dan makan bersama.

 

Selamat ulang tahun 100 tahun Lembaga Purbakala Indonesia.

Related Posts