Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70

 Berita

Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, Balai Konservasi Borobudur melaksanakan upacara bendera 17 Agustus 2015 di halaman balai.

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala BK Borobudur, Marsis Sutopo dan diikuti seluruh karyawan.

 

Selaku Inspektur Upacara Marsis Sutopo membacakan Pidato Hari Ulang Tahun Kemerdekaan  Republik Indonesia ke-70 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Dalam pidatonya Anies mengingatkan kita atas jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk memperoleh kemerdekaan.

“Para peserta upacara semua, mari kita lihat dengan seksama Sang Merah Putih yang sudah berada dipuncak tiang bendera itu. Mari kita camkam. Hari ini, kita hanya perlu beberapa menit saja untuk membuat Sang Merah Putih sampai di puncak dan berkibar dengan anggun”.

“Mari kita sadari bahwa berbeda dengan kita hari ini, diperlukan waktu puluhan tahun bagi para Perintis Kemerdekaan untuk membuat Sang Merah Putih sampai di puncak. Waktu panjangyang sesak dera perjuangan. Mereka hibahkan waktu, pikiran, tenaga, bahkan nyawa agar Sang Merah Putih bisa sampai dipuncak dan berkibar ditanah tumpah darah kita”.

Selain itu juga ditekankan bahwa seluruh komponen bangsa agar bekerja untuk rakyat, kerja untuk negara dan kerja untuk bangsa karena kita sendirilah yang bertanggung jawab untuk meraih tujuan mulia kemerdekaan.

Diakhir pidatonya Anies mengingatkan generasi muda bahwa pada ulang tahun yang ke-100 HUT Kemerdekaan Republik Indonesia maka merekalah yang akan memimpin dan mengelola perjalanan bangsa ini sehingga meminta para generasi muda untuk bersiap dari sekarang membawa indonesia ke puncak-puncak kecermelangan baru.

Related Posts