Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72

 Berita

Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Balai Konservasi Borobudur melaksanakan upacara bendera 17 Agustus 2017 di halaman balai. Upacara dipimpin langsung oleh Kepala BK Borobudur, Marsis Sutopo dan diikuti seluruh karyawan.
Selaku Inspektur Upacara Marsis Sutopo membacakan Pidato Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Dalam pidatonya Muhadjir mengingatkan kita untuk bercermin memandang sejarah dan mengapresiasi perjalanan panjang para pejuang.
Perjalanan bangsa ini tidak lepas dari upaya pembangunan karakter. Sesuai dengan pesan Bung Karno Nation and Character Building, yaitu pembangunan karakter manusia Indonesia untuk meneruskan cita-cita kemerdekaan kita.
Salah satu tugas pendidikan adalah revolusi mental bangsa, memerdekakan pikiran anak dan jiwa anak. Menjadikan sekolah, keluarga, dan lingkungan masyarakat sebagai rumah inovatif, tempat membangun pikiran, mematangkan jiwa dan mewujudkan kreativitasnya.
Menghadapi tantangan perubahan kedepan yang semakin kompleks dan cepat serta berjalannya waktu mendekati era bonus demografi diperlukan penyiapan sumber daya yang tangguh, cerdas, dan berkarakter. Selain itu juga melihat keunggulan bidang-bidang yang paling prospektif yakni kemaritiman, pariwisata, pertanian, dan industri kreatif sehingga diperlukan penyiapan SDM di bidang tersebut.
Diakhir pidato Muhadjir menekankan bahwa Hari Kemerdekaan menjadi momentum percepatan pendidikan Indonesia yang merata dan berkualitas.

 

Related Posts