Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-66 di BKP Borobudur

 Berita

 

Memperingati hari ulang tahun kemerdekaan republik indonesia ke-66, Balai Konservasi Peninggalan Borobudur melaksanakan upacara bendera di halaman balai.

Upacara dipimpin langsung oleh kepala balai BKP Borobudur, Drs. Marsis Sutopo M.Si dan diikuti seluruh karyawan.

Selaku Inspektur Upacara Drs. Marsis Sutopo M.Si membacakan sambutan dari Gubernur Jawa Tengah, H Bibit Waluyo pada Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2011. Dalam sambutannya Gubernur Jawa Tengah mengajak semua rakyat Indonesia untuk senantiasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah kemerdekaan yang diberikan kepada bangsa Indonesia.

“Kini, 66 tahun sudah kita menikmati udara segar kemerdekaan Indonesia, dengan pasang surut dinamika kehidupan yang tidak akan sirna. Perputaran dunia yang semakin mengglobal, serba cepat, serba modern, dan serba instan harus disikapi dan disadari semua komponen bangsa dalam mengelola tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Jangan sampai membuat kita kehilanga arah dan jatidiri bangsa yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa”.

Selain itu beliau juga meminta agar kita kembali kepada lima komitmen negara, sebagai landasan dalam menata kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“kita harus kembali pada lima komitmen negara yaitu Pancasila sebagai landasan Idiil, pandangan hidup, dan dasar negara. Undang-Undang Dasar 1945 sebagai landasan konstitusional. Bendera Merah Putih sebagai satu-satunya bendera kebangsaan Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika sebagai perekat persatuan dan kesatuan Indonesia dan NKRI sebagai kedaulatan kita yang harus dijaga agar tetap berdiri dan utuh”.

Dalam upacara tersebut juga diserahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada 4 orang staf BKP Borobudur yang selama 10 tahun telah mengabdi kepada negara. Ke empat adalah Ari Swastikawati S.Si, Iwan Kurniawan A.Md, Riyanto Prasetyo Lambang, Arif Gunawan. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Inspektur Upacara.

 

 

Related Posts