Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018

 Berita

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018

Selasa (02/05/2018) seluruh pegawai Balai Konservasi Borobudur mengikuti upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman kantor. Tanggal 2 Mei yang ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional merupakan tanggal kelahiran Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, tokoh pendidikan Indonesia dan kemudian dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara. Tema yang diusung dalam peringatan Hardiknas 2018 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kepala Balai Konservasi Borobudur, Drs. Tri Hartono, M.Hum. Dalam sambutannya, inspektur membacakan pidato dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang menekankan pada keterkaitan antara pendidikan dan kebudayaan yang tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktik yang dilakukan Ki Hajar Dewantara.

Selanjutnya Muhadjir Effendy mengatakan bahwa pendidikan nasional Indonesia adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, sedangkan kebudayaan nasional menjadi akar pendidikan nasional. Dengan kata lain, jika kebudayaan nasional kita kuat maka akan kuat pula pendidikan nasional Indonesia. UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan akan mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai pemberi hidup dan penyangga pendidikan nasional. Oleh karena itu, kebudayaan yang maju menjadi syarat yang harus dipenuhi untuk kemajuan pendidikan nasional.

Related Posts