Text Size

Audit Internal laboratorium

Rabu (22/02/12) Balai Konservasi Peninggalan Borobudur menyelenggarakan Diskusi Bulanan Pengkayaan Keilmuan Staf Teknis mengenai Audit Internal Laboratorium,

 

sebagai pemakalah koordinator Sub Kelompok Kerja Laboratorium Arif Gunawan.

 

Audit Internal Laboratorium merupakan pemeriksaan atau pengawasan yang dilakukan secara internal terhadap manajemen laboratorium untuk meningkatkan sistem manajemen mutu laboratorium. Sehingga seorang mampu mereview dan interpretasi persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi sesuai dengan UNE EN ISO / IEC 17025.

Namun untuk mewujudkannya dibutuhkan tahapan yang tidak mudah, selain membuat prosedur kerja, banyak hal yang harus dipersipkan seperti kesiapan Sumber Daya Manusia, kelengkapan laboratorium, kelengkapan kebersihan, kelengkapan keamanan, standard ruang dan tak kalah penting komitmen bersama dalam mewujudkannya.

Kepala BKP Borobudur Drs. Marsis sutopo mengatakankan bahwa langkah untuk memang diperlukan akan tetapi dibutuhkan jalan yang panjang untuk meraihnya. Beliau melihat bahwa laboratorium di BKP Borobudur sebenarnya adalah sarana penunjang konservasi Candi Borobudur sehingga lebih penting untuk dioptimalkan terlebih dahulu untuk pelestarian cagar budaya.

Share

Add comment


Security code
Refresh

Undangan Menulis Jurnal

Pencarian

Agenda Kegiatan

agenda kegiatan

Data Arsip

Powered by mod LCA