Text Size

Penyusunan Prosedur Teknis Pemeliharaan Candi Borobudur Berbasis Manajemen Mutu

Selasa (18/09/12) Balai Konservasi Borobudur menyelenggarakan Penyusunan Prosedur Teknis Pemeliharaan Candi Borobudur Berbasis Manajemen Mutu.

Penyusunan tersebut untuk meningkatkan kinerja pemeliharaan Candi Borobudur sehingga memiliki standar yang jelas. Dalam penyusunan prosedur teknis ini melibatkan para ahli dan praktisi teknis pemeliharaan Candi Borobudur.

Prosedur Teknis Pemeliharaan Candi Borobudur Berbasis Manajemen Mutu merupakan sebuah standar operasional pemeliharan Candi Borobudur yang di dalamnya terdiri dari rumusan kebijakan, norma, standar, prosedur ,dan kriteria. Prosedur teknis ini nantinya akan diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari maupun tahunan di Candi Borobudur.

Selain itu dalam penyusunan juga mengacu pada standar pelestarian yang direkomendasikan oleh UNESCO maupun institusi international lainnya yang bergerak dibidang pelestarian cagar budaya.

Menurut ketua pelaksana kegiatan Nahar Cahyandaru, S.Si penyusunan prosedur teknis pemeliharaan Candi Borobudur berbasis manajemen mutu sangat diperlukan dalam pelestarian Candi Borobudur. Dengan standar acuan pemeliharaan yang jelas apalagi berbasis mutu akan lebih mempermudah menilai keberhasilan kinerja dalam pemeliharaan Candi Borobudur.

“Saat ini mutu pelayanan yang baik mendapatkan pengakuan berupa ISO, dan hal tersebut dijadikan acuan untuk melihat kredibilitas suatu mutu pelayanan, sehingga dengan penyusunan prosedur teknis pemeliharaan Candi Borobudur nantinya bisa diarahkan ke sana” ungkap Nahar.

Beberapa ahli yang ikut dalam penyusunan adalah Prof. Samin Prihatin dan Dr. Sukamto, MT, mereka berdua adalah konsultan ISO. Selain itu penyusunan juga diikuti beberapa undangan dari BPCB Jawa Tengah dan Yogyakarta, Museum Benteng Vredebrug, Balai Arkeologi Yogyakarta, Jurusan Arkeologi UGM dan para purna tugas BK Borobudur. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari 18-19 September 2012

 

Share

Add comment


Security code
Refresh

Undangan Menulis Jurnal

Pencarian

Agenda Kegiatan

agenda kegiatan

Data Arsip

Powered by mod LCA