Visitasi Inwasbang Diklatpim Provinsi Jawa Tengah di Borobudur

 Berita

IMG_8655

Kamis (03/03/16) peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat II Angkatan V Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016 melaksanakan visitasi Integritas dan Wawasan Kebangsaan di Balai Konservasi Borobudur. Dalam visitasi ini para peserta mendapatkan paparan materi mengenai Candi Borobudur mulai dari sejarah, kegiatan-kegiatan pelestarian yang dilakukan hingga manajemen warisan dunia.

Rombongan peserta Diklat Kepemimpinan di sambut oleh Kepala SubBagian Usaha Wiwit Kasiyati yang dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan berharap paparan yang disampaikan bisa memberikan manfaat untuk Integritas dan Wawasan Kebangsaan. Dia menyampaikan beberapa tugas BK Borobudur  yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 29 Tahun 2015.

Materi dalam visitasi Integritas dan Wawasan Kebangsaan di Balai Konservasi Borobudur dibawakan oleh Hari Setyawan yang memaparkan mengenai Warisan Budaya DuniaKompleks Candi Borobudur. dalam paparannya dijelaskan bahwa Candi Borobudur memiliki 3 kriteria sehingga layak menyandang predikat warisan dunia dengan no registrasi 592. Untuk itu manajemen warisan dunia untuk menjaga state of conservation benar-benar menjadi perhatian khusus.

Selain itu juga dipaparkan mengenai upaya pelestarian yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya bahwa dalam upaya pelestarian tidak hanya melakukan pelindungan namun juga pengembangan dan pemanfaatan.

Setelah paparan materi para peserta Diklat Kepemimpinan diajak berkeliling melihat beberapa fasilitas BK Borobudur seperti Laboratorium kimia, fisik, biologi, SEM, Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur, Ruang Audio Visual dan alat peraga untuk pelatihan konservasi dan pemugaran.

Related Posts