Work Camp dan Kampanye Peduli Cagar Budaya IIWC di Borobudur

 Berita

Berbagai cara bisa dilakukan untuk membangun kesadaran masyarakat akan kepedulian mereka dalam menjaga kelestarian cagar budaya. Salah satunya dengan mengadakan work camp atau kemah kerja dan kampanye peduli cagar budaya di Candi Borobudur yang diselenggarakan oleh International Indonesia Work Camp (IIWC).

Salah satu Camp leader work camp, Pratama Yoga Nugraha mengatakan bahwa work camp kali ini merupakan program bilateral dengan Negara Taiwan. Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan Candi Borobudur sebagai World Haritage dan memberikan pembelajaran bagi para peserta work camp dengan ikut dalam proses pembersihan dan pelestariannya. Peserta berjumlah 21 orang gabungan dari orang Indonesia dan Taiwan.

Dalam acara tersebut para peserta work camp melakukan orientasi terlebih dahulu untuk lebih mengenal Candi Borobudur, kemudian mendapatkan penjelasan mengenai tata cara pembersihan candi oleh petugas dari BKP Borobudur. Selain melaksanakan program work camp, IICW juga mengadakan kampanye peduli cagar budaya yang melibatkan peserta dari 6 negara Indonesia, Jepang, Korea, Jerman, Prancis, dan Italy.

Dengan didampingi petugas dari BKP Borobudur para peserta kampanye berkeliling candi dengan membawa poster memberikan himbauan dan ajakan kepada para wisatawan yang mereka temui. Raden Citra Pradipta Koordinator kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini untuk melatih kepekaan diri para peserta kampanye untuk lebih peduli kepada benda-benda cagar budaya yang bisa mereka sosialisasikan kepada teman-teman mereka.

Related Posts