Work Camp (IIWC) 2013

 Berita

Pada tahun 2013 International Indonesia Work Camp (IIWC) bekerja sama dengan Balai Konservasi Borobudur kembali menyelenggarakan work camp di Candi Borobudur. kegiatan yang rutin diselenggarakan 2 kali dalam setahun ini merupakan salah satu upaya untuk membangun kesadaran masyarakat akan kepedulian mereka dalam menjaga kelestarian cagar budaya.

 

Work camp kali ini merupakan program bilateral dengan Negara Korea. “Salah satu tujuan dari kegiatan ini untuk mengenalkan Candi Borobudur sebagai World Haritage dan memberikan pembelajaran bagi para peserta work camp ungkap koordinator IIWC Ismi Novia. “Nantinya kegiatan ini juga akan melibatkan pelajar disekitar Candi Borobudur untuk menjadi bagian dari relawan IIWC” tambah Ismi.

Sebelumnya para peseta diterima oleh Kepala Layanan Konservasi BK Borobudur Iskandar M Siiregar S.Si, beliau mengucapkan selamat datang kepada para peserta work camp IIWC. Beliau menyampaikan bahwa selaku tuan rumah, BK Borobudur akan memberikan pendampingan selama acara dan berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak yang positif bagi kelestarian Candi borobudur

Dalam kegiatan work camp para peserta diberi penjelasan awal mengenai berbagai hal yang mengancam Candi Borobudur dan upaya yang telah dilakukan untuk melindunginya. Selain itu mereka juga diperlihatkan berbagai laboratorium di Balai Konservasi Borobudur seperti Laboratorium Kimia, Laboratorium Fisik, Mikrobiologi, Scanning Electron Microscope (SEM).

Selain kegiatan orentasi awal di Candi Borobudur dan kantor BK Borobudur para peserta IIWC juga melaksanakan kegiatan bersama masyarakat dan komunitas di sekitar Borobudur. Rencanannya mereka juga belajar mengenai kesenian daerah disekitar Borobudur yang akan dipentaskan di akhir kegiatan.

Kegiatan yang diikuti oleh 10 orang dari Korea dan 4 orang dari Indonesia ini akan berlangsung selama 12 hari 16-27 Januari 2013.

 

Related Posts