Work Camp IIWC di Borobudur

 Berita

International Indonesia Work Camp (IIWC) bekerja sama dengan Balai Konservasi Peninggalan Borobudur menyelenggarakan work camp atau kemah kerja di Candi Borobudur. hal ini merupakan salah satu upaya untuk membangun kesadaran masyarakat akan kepedulian mereka dalam menjaga kelestarian cagar budaya.

Para peserta diterima di ruang sidang BKP Borobudur dan diberi penjelasan mengenai berbagai hal yang mengancam Candi Borobudur dan upaya yang telah dilakukan untuk melindunginya. Selain itu mereka juga diperlihatkan berbagai kegiatan dibalai seperti Laboratorium Kimia, Laboratorium Fisik, Mikrobiologi, Scaning Elektron Mikroskop.

Para peserta juga diajak berkeliling ke Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur salah satu media pembelajaran baru tentang sejarah restorasi Candi Borobudur bagi masyarakat yang beberapa waktu lalu diresmikan, disana mereka diperlihatkan berbagai koleksi peralatan restorasi dan berbagai ornamen candi yang belum pasang karena belum diketemukan pasangan yang sesuai.


Work camp kali ini merupakan program bilateral dengan Negara Taiwan. Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan Candi Borobudur sebagai World Haritage dan memberikan pembelajaran bagi para peserta work camp dengan ikut dalam proses pembersihan dan pelestariannya. Kegiatan ini diharapkan dapat melatih kepekaan diri para peserta kampanye untuk lebih peduli kepada cagar budaya dan bisa mereka sosialisasikan kepada teman-teman mereka. Peserta work camp ini terdiri dari pelajar yang berasal dari Indonesia dan Taiwan.

Related Posts