Workshop Anastilosis Teknik Susun Coba Batu Candi Mendut

 Berita

Jum’at (11/12/15) Balai Konservasi Borobudur menyelenggarakan Workshop Anastilosis Teknik Susun Coba Batu Candi Mendut di ruang sidang I BK Borobudur.

Workshop dilaksanakan untuk memperoleh masukan dan saran dari para ahli atas temuan struktur candi dan batu lepas yang ada di halaman Candi Mendut.

Kepala Seksi Layanan Konservasi Iskandar M. Siregar memohon maaf karena Kepala BK Borobudur berhalangan hadir. Iskandar mengatakan bahwa pelaksanaan workshop ini sebagai tindak lanjut temuan struktur candi dan batu lepas yang terdapat dihalaman Candi Mendut.

Upaya anastilosis yang telah dilakukan BK Borobudur sebagai salah satu metode untuk mencoba menggali data wujud candi yang sebenarnya masih banyak mengalami hambatan karena masih minimnya data arkeologi.

Iskandar mengungkapkan bahwa upaya untuk mengembalikan wujud asli candi harus melalui berbagai kajian dan analisis yang mendalam agar tidak terjadi kesalahan dalam upaya pengembaliannya untuk itu saran dan masukan dari narasumber dan para peserta sangat diharapkan.

Related Posts