Workshop Fotografi Cagar Budaya 2016

 Berita

3_1200x800

Senin (01/08/16) Balai Konservasi Borobudur menyelenggarakan Workshop Fotografi Cagar Budaya selama 5 Hari 1-5 Agustus 2016. Workshop diikuti 25 peserta yang berasal dari Unit Pelayanan Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, dinas daerah yang mengelola cagar budaya dan PT. Taman Wisata Candi Borobudur.

Workshop Fotografi Cagar Budaya mencoba memberikan pengetahuan dasar mengenai fotografi terutama kamera DSLR, selain itu juga pengetahuan mengenai prinsip-prinsip arkeologis ketika mengambil gambar benda-benda cagar budaya.

Kepala BK Borobudur Marsis Sutopo dalam sambutannya  mengatakan pelatihan fotografi ini sebagai langkah awal regenerasi tenaga pendokumentasian cagar budaya. Dokumentasi memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pelestarian cagar budaya sehingga harus dilakukan mulai dari awal hingga akhir dalam sebuah upaya pelestarain cagar budaya.

Hasil dari sebuah kegiatan fotografi yang berupa gambar terkadang akan lebih mudah memberikan gambaran mengenai sebuah peristiwa tanpa harus diberikan keterangan.

Para peserta pelatihan fotografi mendapat pengetahuan mengenai  Kebijakan Pelestarian Cagar Budaya, Pengantar cagar budaya, Pengantar Pendokumentasian Cagar Budaya, Pengetahuan  Dasar Kamera, Pengetahuan Dasar Lensa, Perintah Dalam Kamera, Komposisi Dasar Foto, Foto 3 Dimensi, Pengolahan Gambar Digital, Skala Foto, Pengelolaan Arsip Foto, Praktek Operasional Kamera DSLR Dan Lensa, Praktek Fotografi  Cagar Budaya,  Diskusi, Presentasi dan Evaluasi.

IMG_0372_1200x800 IMG_0377_1200x800 4_1114x800

Related Posts