WORKSHOP KONSERVASI LUKISAN CADAS

 Berita

Sabtu (25/03/17) Balai Konservasi Borobudur bekerjasama dengan BPCB Kalimantan Timur melaksanakan Workshop Konservasi Lukisan Cadas di LPMP Yogyakarta. Workshop inisebagai salah satu sarana untuk menghasilkan konsep konservasi lukisan dinding gua yang berkualitas dan menjadi rumusan untuk pelaksanaan konservasi dinding gua situs Sangkulirang Mangkalihat di kedepan.

Dalam workshop ini hadir beberapa narasumber antara lain Prof. Paul Taçon FAHA FSA dari Universitas Griffith, Australia; Dr. Pindi Setiawan, M.Si dari Fakultas Seni Rupa dan Desain, ITB; Drs. Marsis Sutopo, M.Si dari BK Borobudur; dan Drs. Made Kusumajaya, M.Si dari BPCB Kalimantan timur.

Dalam workshop dijabarkan dalam bentuk pembekalan teori, perumususan rencana kajian konservasi diikuti paparan rumusan tersebut.

Diharapkan melalui workshop ini dapat memberikan wawasan pengentahuan tentang konservasi lukisan lukisan cadas dalam rangka meningkatkan kemampuan SDM di bidang pelestari cagar budaya dan merumuskan rencana kajian konservasi lukisan cadas Sangkulirang-Mangkalihat yang saai ini telah masuk dalam daftar tentative list UNESCO.

Workshop  dilaksanakan selama 3 hari dan diikuti 38 peserta dari UPT Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan beberapa dinas Kebudayaan di Kalimantan Timur.

 

Related Posts