Workshop Penyusunan Dokumen Nominasi Arsip Borobudur untuk Memory of The World UNESCO

 Berita
Selasa (10/11/15) Balai Konservasi Borobudur melaksanakan Workshop Penyusunan Dokumen Nominasi Arsip Borobudur untuk Memory of The World UNESCO.
Penyusunan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk melestarikan dan membuka akses arsip pemugaran kedua Candi Borobudur.
Workshop dibuka oleh Kepala BK Borobudur Marsis Sutopo yang menyampaikan bahwa Candi Borobudur yang telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO masih menyimpan peninggalan berharga berupa arsip yang berisi informasi pemugaran kedua Candi Borobudur. Arsip tersebut berupa foto-foto lama yang berjumlah lebih dari 70.000 buah, negatif film, negatif kaca, positif slide, peta-peta kalkir, film seluloid, dokumen pemugaran, dan arsip audio dan visual.
Menurut Marsis arsip pemugaran kedua Candi Borobudur merupakan bagian dari perjalanan Borobudur dan Bangsa Indonesia sehingga perlu dilestariakan dan diinformasikan agar lebih mudah diakses. Hal lain yang mendorong gagasan pengusulan adalah status Warisan Dunia yang telah disandang Candi Borobudur jika dilengkapi arsip yang telah menjadi Memory of The World dapat menambah khasanah Bangsa Indonesia.
Dalam kegiatan ini hadir beberapa narasumber Rosslyn Russel yang merupakan Expert dari International UNESCO MoW, Imam Gunarto Direktur Akuisisi ANRI, dan Brahmantara Koordinator Kelompok Kerja Dokumentasi dan Publikasi BK Borobudur. Diharapkan hasil dari kegiatan ini akan muncul dokumen pengusulan arsip pemugaran kedua Candi Borobudur sebagai Memory of The World.

Related Posts